Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta (Bab V)

Bab V, Bab Terakhir, Semoga Terhibur :)



Pesan Untuk Laki-Laki dan Perempuan

   Aku pernah punya satu masalah, lalu seorang sahabat mengingatkanku, "Jangan Tergila-gila."

   Lalu, waktu seakan berhenti. Awan mendung yang menggelayut di dalam kepalaku seolah berarak, pergi menjauh, membebaskanku dari gelapnya pikiran.

   Jangan tergila-gila dalam mencintai. Jangan tergila-gila dalam membenci. Jangan tergila-gila dalam mengagumi. Jangan tergila-gila pada apa pun di dunia ini. Dunia fana.

   Sejak hari itu, aku sadar: sumber patah hati ini adalah hatiku terlalu berharap pada sesuatu yang tak kekal. Tergila-gila yang tersembunyi. Lalu, aku mencoba menerima kenyataan bahwa aku memang terlalu tergila-gila. Aku berusaha menurunkan ekspetasiku. Aku berjuang melalu berdoa karena pada saat itu, hanya itu yang baru bisa kulakukan. Usaha-usaha konkret; selalu kucari caranya.

   Jangan terlalu tergila-gila adalah pesan berharga yang kurasa semua orang butuhkan.

   Jadi, aku membagikan pesan ini. Kepada seorang temanku.

   Dia adalah seorang teman beda negara, lintas benua, budaya yang kontras, pemahaman yang sama. Kami bertemu di sebuah kota suci, ribuan kilometer dari keluarga. Setiap kali perjalanan ini terasa sulit, kami akan saling mengingatkan, "Dunia ini tidak sempurna. Dunia ini tidak sempurna. Yang sempurna di akhirat nanti."

   Di hari terakhir kami bertemu, kami berjanji untuk saling mengirim pesan, pengingat yang bermanfaat. Hal terakhir yang ku dengar darinya adalah dia punya sebuah masalah yang teramat membebaninya. Itulah mengapa aku mengirimkannya pesan ini: jangan terlalu tergila-gila pada apa pun di dunia ini. Berharap pesan itu bermanfaat untuknya dan untukku.

   Dan, juga, kita sudah tahu tujuan hidup yang sesungguhnya. So, this makes sense


Terima kasih sudah membaca dan terima kasih juga untuk mas Alvi yang membuat karya (Novel) yang sangat keren ini dan bisa dibuat menyadarkan orang-orang yang masih terjebak dalam kegalauan cinta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Lights Out

“KEYHOLE”