Mengenal Kebudayaan Tak Biasa Korea Utara

1. Bangsa yang terisolasi.
Semenanjung Korea telah lama menjadi medan perang bagi kekuatan dunia di dekatnya, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Soviet. Presiden Korea Utara pertama, Kim Il Sung di tahun 1948 resmi menutup negara ini secara diplomatis dan ekonomis dari dunia luar.

Awalnya, hal ini dilakukan untuk menguasai negara sendiri dan ingin masyarakatnya bergantung pada diri sendiri. Menurut Kim Il Sung, cara ini berguna untuk mempertahankan kemerdekaan politik, ekonomi, dan menciptakan pertahanan nasional yang kuat.

2. Pemimpin mistis.
Dinasti Korea Utara selalu memproklamirkan dirinya sebagai bangsa yang percaya akan hal-hal supranatural. Kim Il Sung dipercaya dapat mengontrol cuaca. Ulang tahun Kim Il Sung dan anaknya, Kim Jong Il juga diperingati sebagai hari libur nasional.

Kim Jong Il sendiri juga tidak kalah mistis, ia pernah mendapatkan nilai sempurna saat main bowling dan golf padahal baru sekali mencobanya. Bahkan setelah kematiannya pada tahun 2011, langit di sekitar Gunung Paektu, Korea Utara dikabarkan bersinar merah.Sementara Kim Jong Un sendiri belum memiliki banyak cerita yang menarik untuk dibahas.

3. Penjara nasional.
Gaya kepemimpin Korea Utara mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Di negara ini ada enam penjara, terdiri dari dua kubu yang dikelilingi oleh kawat berduri. Satu kubu untuk rehabilitasi, sedangkan satu kubu lainnya adalah penjara seumur hidup.

Ada sebuah film berjudul "Escape from Camp 14" yang menceritakan kisah Shin Dong-hyuk, satu-satunya orang yang diketahui berhasil melarikan diri dari salah satu penjara ini dan menginjakkan kakinya di dunia luar. Shin lahir di dalam penjara, karena ayahnya memiliki saudara yang meninggalkan Korea Utara untuk Korea Selatan.

Penyiksaan, malnutrisi, dan eksekusi publik benar-benar terjadi di penjara ini, dilihat dari citra satelit. Laporan dari Amnesty International tahun 2011 memperkirakan 40% tahanan di sini mati karena kekurangan gizi.

Sumber: Liputan6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta (Bab V)

Film Lights Out