Penyakit Yang Justru Membuat Manusia Menjadi Kuat

1. Ehlers-Danlos Syndrome.

Jika Anda adalah penggemar atraksi sirkus semacam orang yang bisa sangat fleksibel hingga dengan mudah dapat dimasukkan koper, atau kulit yang sangat lentur hingga kulit lehernya bisa menutupi muka, orang-orang ini sebenarnya mengalami kelainan.

Kelainan tersebut bernama Ehlers-Danlos Syndrome, namun hal ini justru memperkuat fleksibilitas mereka. Ini adalah kondisi turunan yang mampu mengubah struktur kolagen dalam tubuh mereka, dan hal ini membuat mereka punya elastisitas yang tinggi terhadap jaringan ikat di kulit, sendi, dan otot mereka.

2. Myostatin-Related Muscle Hypertrophy.

Pernahkah Anda membayangkan bahwa regenerasi otot Anda jadi cepat tanpa butuh nge-gym, dan Anda jadi orang yang sangat kuat tanpa latihan sedikit pun? Hal ini bisa terjadi jika Anda mempunyai kondisi Myostatin-Related Muscle Hypertrophy.

Kondisi ini adalah mutasi gen yang dapat menginstruksikan tubuh untuk memproduksi myostatin, sebuah gen yang membatasi pertumbuhan otot. Dengan ini, hanya dengan asupan protein yang rendah pun, tubuh akan memproduksi massa otot dengan lebih efektif. Jika ada bayi yang terlahir dengan kondisi ini, maka dia akan jadi bayi berotot layaknya bayi nge-gym. Sang bayi pun akan tumbuh jadi orang yang lebih kuat ketimbang teman-teman seumurannya.

3. Mutasi gen Low-density lipoprotein receptor-related protein 5.

Kondisi yang dikenal sebagai mutasi gen LRP5 ini adalah kondisi di mana gen yang bertugas menentukan massa jenis tulang termutasi. Hal ini bisa membuat tulang tak bisa hancur.

4. 'Short Sleeper'

Short sleeper adalah orang yang mampu tidur sebentar saja namun tetap bisa berenergi. Hal ini terdengar menarik, namun ternyata ada mutasi di sebuah gen yang bernama DEC2, yang bertugas mengatur jam biologis tidur manusia.

Mereka yang termutasi ini tak hanya butuh waktu tidur yang sedikit, namun juga memiliki imunitas tubuh untuk tidak mengalami kurang tidur atau insomnia.

Sumber: m.merdeka.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta (Bab V)

Film Lights Out